akan ada diantara umat ini orang-orang yang berbuat seperti apa yang diperbuat orang Yahudi dan Nasrani.
2. Tafsiran ayat dalam surah Al-Maidah. Ayat ini menunjukkan
bahwa akan terjadi di kalangan umat ini penyembahan thaghut sebagaimana telah terjadi penyembahan thaghut di kalangan Ahli Kitab.
3. Tafsiran ayat dalam surah Al-Kahfi. Ayat ini menunjukan bahwa ada diantara umat ini orang yang membangun tempat ibadah di atas atau di sekitar kuburan, sebagaimana telah dilakukan oleh orang-orang sebelum mereka.
4. Masalah penting sekali, yaitu: apa pengertian iman kepada jibt dan thaghut disini, apakah sekedar percaya dalam hati, atau mengikuti orang-orangnya, sekalipun membenci barang-barang tersebut dan mengerti akan kebatilannya?
5. (Sebagai buktinya) apa yang dikatakan Ahli Kitab kepada orang-orang kafir (kaum musyrikin Mekkah) bahwa mereka lebih benar jalannya daripada orang-orang yang beriman.
6. Bahwa beriman kepada jibt dan thaghut mesti akan terjadi di kalangan umat ini (umat Islam) sebagaimana ditetapkan dalam hadits dari Abu Sa'id. Dan inilah yang dimaksud dalam bab ini.
7. Dinyatakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa akan terjadi penyembahan berhala di kalangan banyak dari umat ini.
8. Hal yang amat mengherankan:
Munculnya orang yang mengaku sebagai nabi, seperti Al-Mukhtar; padahal dia mengucapkan dua kalimat syahadat, menyatakan bahwa dirinya termasuk dalam umat ini, bahwa Rasulullah benar dan bahwa Al-Qur'an benar, padahal disebutkan dalam Al-Qur'an bahwa Muhammad adalah penutup para nabi. Namun demikian pengakuan kenabian Al-Mukhtar dipercayai orang, meskipun jelas kontradiksinya.
Ia muncul pada akhir masa sahabat dan diikuti oleh banyak orang. (Al-Mukhtar bin Abu 'Ubaid bin Mas'ud Ats-Tsaqafi. Termasuk tokoh yang memberontak terhadap kekuasaan Bani Umayyah dan menonjolkan kecintaan kepada Ahlul Bait. Mengaku bahwa ia adalah nabi dan menerima wahyu. Dibunuh oleh Mush'ab bin Az-Zubair pada th. 67 H/687 M).
9. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyampaikan kabar gembira bahwa al-haq (kebenaran Allah dan ajaran-Nya) tidak akan dapat dilenyapkan sama sekali, sebagaimana telah terjadi pada masa lalu; bahkan akan tetap ada golongan yang tetap berpegang teguh dan membelanya.
10. Tanda utamanya bahwa mereka sekalipun sedikit jumlahnya, tidak tergoyahkan oleh orang-orang yang menghinakan ataupun menentang mereka.
11. Bahwa kondisi ini tetap berlangsung sampai hari kiamat.
12. Tanda-tanda besar atas kenabian Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam yang terkandung dalam hadits:
- Beliau memberitahukan bahwa Allah telah membentangkan kepada beliau belahan timur dan belahan barat, dan beliau menjelaskan makna hal tersebut; kemudian terjadi seperti yang beliau beritakan, berlainan halnya dengan belahan selatan dan utara.
- Beliau memberitahukan bahwa beliau diberi dua perbendaharaan simpanan.
- Beliau memberitakan bahwa doanya untuk umatnya dikabulkan dalam dua perkara, sedangkan perkara yang ketiga tidak dikabulkan.
- Beliau memberitahukan bahwa akan terjadi pertumpahan darah diantara umatnya, dan kalau sudah terjadi tidak akan berakhir sampai hari kiamat.
- Beliau memberitakan bahwa sebagian umat ini akan menghancurkan sebagian yang lain dan sebagian mereka menawan sebagian yang lain.
- Beliau memberitakan akan munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabi pada umat ini.
- Beliau memberitakan bahwa akan tetap ada segolongan yang tegak membela kebenaran dan mendapat pertolongan dari Allah.
13. Apa yang beliau khawatirkan terhadap umatnya hanyalah para pemimpin yang menyesatkan.
14. Perlu diperhatikan makna dari penyembahan berhala.
No comments:
Post a Comment
ini komentar