MAKALAH USHUL FIQH 3: TALFIQ, TAUQIF DAN TAUFIQ
BAB 1
PENDAHULUAN
Makalah ini mencoba menguraikan
masalah yang berkenaan dengan Talfiq, tauqif dan taufiq. Talfiq adalah
pembahasan dalam ushul fiqh yang ramai dan tetap hangat untuk didiskusikan, dan
pembahasan ini sangat kita butuhkan, terutama juga masyarakat kita di
Indonesia, oleh karena itu kita dituntut agar mengetahui, meneliti dan
mendalami ilmu usul fiqh terutama untuk materi ini, sehingga kita tidak
canggung ketika dihadapkan permasalahan atau pertanyaan tentang masalah ini. Makalah ini hanyalah sebagai pengantar,
agar nantinya kita bisa lebih mendalami dengan mengkaji
khazanah-khazanah keilmuan yang ada di negeri ini.
BAB II
PEMBAHASAN
TALFIQ,
TAUQIF DAN TAUFIQ
I.
TALFIQ
- Definisi Talfiq
Kata Talfiq menurut etimologi
(bahasa), memiliki arti menjahit atau menggabungkan. Adapun “talfiq” yang
dimaksudkan dalam pembahasan ushul fiqh adalah :
اَلْعَمَلُ
فِى الْمَسْأَلَةِ بِحُكْمٍ مُؤَ لَّفٍ مِنْ مَجْمُوْعِ مَذْ هَبَيْنِ اَوْ
أَكْثَرَ.
“Beramal dalam suatu masalah dengan
hukum yang terdiri dari kumpulan (gabungan) dari dua madzhab atau lebih[1]. Sedangkan menurut terminologi
(istilah), Di bawah ini adalah beberapa makna Talfiq secara istilah di sisi
bidang keilmuan Ushul al-fiqh:
Pertama, Talfiq berarti mengerjakan
sesuatu dengan cara seperti yg tidak dikatakan oleh seorang mujtahid, atau
dengan kata lain mengambil satu qodliyah (rangkaian) yang mempunyai
kandungan beberapa rukun atau bagian dengan dua pendapat ulama’ atau lebih
supaya sampai pada hakikat sesuatu yang tidak ada seorangpun mengatakannya.
Atau mencampur adukkan perbuatan dalam satu qodliyah (rangkaian) ibadah
yang memiliki dua pendapat atau lebih, lalu pada tahap pelaksanaan
mempraktekkan dengan cara yang tak pernah dipilih dan diakui oleh imam madzhab
manapun .
Kedua, beramal dalam satu
permasalahan dengan menggunakan dua pendapat bersama-sama atau salah satunya,
dengan adanya kesan pendapat yang kedua.
Ketiga, mencantumkan dalam satu
permasalahan, dua pendapat atau lebih sehingga menghasilkan satu kesimpulan
yang tidak dikatakan oleh seseorang atau imam madzhab manapun .
Keempat, Perbuatan mencampurkan
berbagai pendapat madzhab dalam sesuatu masalah dan tidak terikat dengan
pendapat satu madzhab . contoh dari talfiq dalam segi ibadah, yaitu
sebagai berikut:
- Seseorang berwudlu tanpa menggosok (al-dalku) dengan alasan mengikuti madzhab imam Syafi’i, setelah itu dia bersentuhan dengan perempuan tanpa adanya syahwat, lalu dia punya anggapan wudhu’nya tidak batal dengan alasan mengikuti pendapat imam Malik, kemudian dia pun melakukan shalat. Maka shalat yang ia lakukan hukumnya batal lantaran dalam wudhu’nya terdapat talfiq. Dalam arti, jika mengikuti madzhab Syafi’iyyah, wudhu’nya sudah batal karena menyentuh perempuan yang bukan mahramnya. Sedangkan, jika mengikuti madzhab Malikiyyah wudhu’nya tidak sah karena tidak melakukan al-dalku atau menggosok.
- Seseorang bertaqlid kepada madzhab Syafi`iyyah dengan cukup mengusap sebagian kepala dalam berwudhu’, kemudian bertaqlid kepada madzhab Hanafiyyah atau madzhab Malikiyyah yang berpendapat tidak batalnya wudhu’ ketika bersentuhan dengan perempuan tanpa adanya syahwat. Maka praktek wudhu’ seperti ini untuk menunaikan sholat itu tidak pernah di katakan oleh para imam madzhab manapun. Alhasil kedua contoh di atas tidak dibenarkan menurut syariat Islam karena telah keluar dari madzhab empat dan akan berdampak menimbulkan madzhab yang kelima.Sebagian contoh talfiq dalam segi aktifitas sosial, yaitu sebagai berikut:
- Seorang laki-laki menikahi perempuan dengan tanpa wali dengan alasan mengikuti pendapat imam Abu Hanifah, kemudian praktek nikahnya juga tanpa mengajukan mahar dan tanpa menghadirkan saksi mengikuti pendapatimam Malik. Contoh talfiq seperti ini tidak diperbolehkan karena menimbulkan bahaya dan menyalahi kesepakatan para ulama.
- Membuat undang-undang pernikahan dimana akad nikahnya harus dengan wali dan saksi dengan alasan mengikuti madzhab Syafi’iyyah, akan tetapi mengenai sah jatuhnya thalaq raj’i mengikuti madzhab Hanafiyyah yang berpendapat sah ruju’nya bil fi’li (langsung bersetubuh tanpa ada ucapan ruju’). Contoh talfiq seperti ini juga tidak diperbolehkan dengan alasan seperti di atas karena menimbulkan bahaya dan menyalahi kesepakatan para ulama.
- Ruang Lingkup Talfiq
Para ulama` fiqh sepakat bahwa ruang
lingkup talfiq ini terbatas pada pada masalah-masalah furu`iyah ijtihadiyah
dhanniyyah (cabang-cabang fikih ijtihadi yg masih perkiraan). Adapun pada
masalah ushuliyyah (pokok dasar agama) seperti masalah iman atau aqidah itu
bukanlah ruang lingkup talfiq . Dikarnakan bertaklid saja dalam masalah ini
tidak dibenarkan apalagi bertalfiq. Serta tidak di perbolehkan bertalfiq lagi
ketika hasilnya akan menghalalkan sesuatu yang jelas jelas keharamannya dengan
adanya nash qoth’i, seperti zina dan minuman keras.
Mengenai hukum-hukum furu`iyah yang menjadi ajang ajang bahasan talfiq di atas, ulama` fiqh telah mengelompokkan menjadi tiga bagian sebagai berikut:
Mengenai hukum-hukum furu`iyah yang menjadi ajang ajang bahasan talfiq di atas, ulama` fiqh telah mengelompokkan menjadi tiga bagian sebagai berikut:
- Hukum yang berdasar pada kemudahan dan kelapangan yang berbeda-beda sesuai perbedaan kondisi setiap manusia. Hukum-hukum seperti inilah yang termasuk kemurnian ibadah, karena dalam masalah ibadah seperti initujuannnya adalah kepatuhan dan kepasrahan diri seorang hamba kepada Allah Swt.
- Hukum yang didasarkan pada sikap wira’i dan ke-ihtiyatan. Hukum-hukum seperti ini biasanya berkaitan dengan sesuatu yang dilarang Allah Swt karena membuat mudharat. Dalam hukum ini tidak dibenarkan mengambil kemudahan dan bertalfiq kecuali dalam keadaan darurat. Misalnya larangan memakan bangkai. Dalam hal ini Rasul bersabda : “Segala sesuatu yang aku larang tinggalkanlah, dan segala yang aku perintahkan kerjakanlah sesuai kemampuanmu”.
- Hukum yang didasarkan pada kemaslahatan dan kebahagiaan bagi manusia. Misalnya, pernikahan, had-had dan transaksi sosial ekonomi.
- Sudut Pandang Ulama Tentang Talfiq
Menanggapi hukum boleh tidaknya
talfiq ini, ulama‘ terbagi menjadi dua kelompok, yaitu :
Pertama, kelompok yang tidak membolehkan
adanya talfiq, kelompok ini diwakili oleh syeikh Ibnu Abdul Bari, menurut
beliau orang awam tidak boleh bertalfiq, karena hal tersebut hanya akan
menghilangkan taklif (pembebanan) hukum yang diperselisihkan (mukhtalaf fih)
oleh para ulama.
Pendapat pertama ini juga diperkuat
oleh Imam al-Ghazali. Beliau melarang praktik talfiq dengan alasan hal tersebut
condong pada mengikuti hawa nafsu, sementara syari‘at, menurut beliau datang
untuk mengekang liarnya hawa nafsu. Sehingga setiap perkara harus dikembalikan kepada syari‘at
bukan kepada hawa nafsu. Beliau menyitir ayat al-Quran yang berbunyi :“Jika
kamu berselisih paham tentang suatu perkara, maka kembalikanlah
kepada Allah Swt.
Kedua, kelompok yang
membolehkan praktik talfiq, diantaranya adalah sebagian ulama‘ Malikiyah,
mayoritas Ashab Syafi‘i serta Abu Hanifah: mereka membolehkan talfiq dengan
alasan bahwa larangan talfiq tersebut tidak ditemukan dalam syara‘, karenanya
seorang mukallaf boleh menempuh hukum yang lebih ringan. Selain itu, ada hadits
Nabi (qauliyah maupun fi‘liyah) yang menunjukkan bolehnya talfiq. Dalam sebuah
hadits yang dituturkan oleh Aisyah, Nabi bersabda:
” Nabi tidak pernah diberi dua pilihan, kecuali beliau memilih yang paling mudah, selama hal tersebut bukan berupa dosa. Jika hal tersebut adalah dosa, maka beliau adalah orang yang paling menjauhi hal tersebut “. Dalam hadits lain beliau bersabda : “Sesungguhnya agama ini (Islam) adalah mudah. Dan tidaklah seorang yang mencoba untuk menyulitkannya, maka ia pasti dikalahkan”.
” Nabi tidak pernah diberi dua pilihan, kecuali beliau memilih yang paling mudah, selama hal tersebut bukan berupa dosa. Jika hal tersebut adalah dosa, maka beliau adalah orang yang paling menjauhi hal tersebut “. Dalam hadits lain beliau bersabda : “Sesungguhnya agama ini (Islam) adalah mudah. Dan tidaklah seorang yang mencoba untuk menyulitkannya, maka ia pasti dikalahkan”.
DR. Wahbah Zuhaili juga sepakat
tentang kebolehan talfiq ini, menurut beliau talfiq tidak masalah ketika ada
hajat dan darurat, asal tanpa disertai main-main atau dengan sengaja mengambil
yang mudah dan gampang saja yang sama sekali tidak mengandung maslahat syar‘iyat.
‘Izzuddin Bin Abdi al-Salam
menyebutkan bahwa, boleh bagi orang awam mengambil rukhsah beberapa madzhab
(talfiq), karena hal tersebut adalah suatu yang disenangi. Dengan alasan bahwa
agama Allah itu mudah (dinu al-allahi yusrun) serta firman Allah dalam surat
al-Hajj ayat 78: “Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam
satu agama suatu kesempitan.
Imam al-Qarafi menambahkan bahwa,
praktik talfiq ini bisa dilakukan selama ia tidak menyebabkan batalnya
perbuatan tersebut ketika dikonfirmasi terhadap semua pendapat imam madzhab
yang diikutinya.
Kalau kita lihat beberapa pendapat
di atas, ternyata tidak ada qoul (pendapat) yang membolehkan talfiq secara
mutlak. Oleh karena itu, ada beberapa klasifikasi talfiq yang perlu
diperhatikan. Pertama, talfiq batal secara esensi, seperti melakukan sesuatu
yang menyebabkan penghalalan barang yang haram, seperti menghalalkan khamr,
zina dan lainnya. Kedua, talfiq yang dilarang bukan pada esensinya, tetapi
karena faktor eksternal. Dalam kasus kedua ini terbagi menjadi tiga
macam, yaitu:
- Mengambil pendapat yang mudah-mudah seperti mengambil pendapat setiap mazhab yang termudah bukan karena dharurat atau ‘udzur. Hal ini dilarang agar seseorang tidak melepaskan diri dari pembebanan-pembebanan syar’i.
- Talfiq tidak boleh berlawanan dengan keputusan hakim.
- Talfiq tidak boleh mencabut kembali hukum atau keputusan yang telah diikuti atau disepakati ulama.
Alhasil, demi kemaslahatan,
sebenarnya masih ada ruang untuk talfiq. Apalagi ketika berhadapan dengan
kondisi dharurat, maka talfiq menjadi satu-satu pilihan yang mesti kita tempuh
asal jangan sampai bertentangan dengan spirit syara‘(maqashid al-syari’ah).
Yang penting, praktik talfiq bukan sekedar untuk mengambil kemudahan saja,
tetapi bertujuan agar keluar dari jeratan kemudharatan[2].
II.
TAUQIF
Kata Tauqifi menurut etimologi
(bahasa), memiliki arti mengenai. Adapun “tauqifi” yang dimaksudkan dalam pembahasan
ushul fiqh adalah dinuqil dari syari’ ( allah ), artinya tidak boleh
seseorangpun membuat buat.
Contoh-contoh Tauqifi:
–
Tauqifi dalam waktu pelaksanaan ibadah
Waktu pelaksanaan ibadah adalah
tauqifi. maka tidak boleh seseorang itu membuat buat ibadah di waktu tertentu
yang syari’ tidak memerintahkannya.
–
Tauqifi dalam macamnya ibadah
Begitu juga ibadah juga harus
disyaratkan sesuai dg syari’at..artinya termasuk dari jenis ibadah yang
disyariatkan. maka tidak sah bagi orang yang menyembah sesuatu yang tidak
disyariatkan, seperti menyembah matahari. atau memendam jasadnya sebagian
sembari berkata : saya ingin melatih badanku misalkan. ini semua bid’ah.
Maka ini juga harus masyru’. maka
tidak boleh beribadah tidak pada tempat yang sudah disyari’atkan. seperti jika
seseorang wukuf di muzdalifah, maka ini bukan haji. atau wuquf dimina, atau
bermalam ( muzdalifah ) di ‘arafah, dan sebaliknya, maka ini semua bukanlah
sesuatu yang masyru’. kita wajib melaksanakan ibadah sesuai tempat yang sudah
disyari’atkan oleh syari’
- III. TAUFIQ
Taufiq adalah memindahkan atau
mengalihkan makna dari suatu dalil kepada makna yang lain, sehingga tidak
terdapat perlawanan atau pertentangan lagi. Dalam praktek, lazimnya taufiq ini
dilakukan ketika mujtahid tidak dapat menemukan cara untu mentarjih salah satu
dari dua dalil yang berlawanan. Dengan demikian upaya yang dapat ditempuh
adalah mengumpulkan dan memadukan kedua dalil itu. Kahar Mansyur memberi contoh
taufiq (penyesuaian) ini di bidang iddah, yaitu:
Nash pertama (1) adalah: QS. Al
Baqarah ayat 234, yaitu: “Orang-orang yang meninggal dunia dari kalangan
muda meninggalkan para istri, hendaklah para isteri itu
menunggu (iddah)dengan dirinya selama empat bulan sepuluh hari”.
Nash kedua (2) adalah QS.
AL-Thalaq ayat 3, yaitu: “Wanita yang hamil itu, iddahnya ialah
sampai melahirkan anaknya”.
Taufiq (penyesuaiannya) adalah :
- Hendaklah wanita beriddah dengan iddah yang terlama dari dua macam iddah itu.
- Tiap nash itu dipakai pada waktunya yang sesuai dengannya.
Contoh lain yang dapat ditaufiqkan
adalah antara QS. A Baqarah ayat 180 dengan QS. An Nisa ayat 11.
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Pengertian Talfiq
adalah mencantumkan dalam satu permasalahan, dua pendapat atau lebih
sehingga menghasilkan satu kesimpulan yang tidak dikatakan oleh seseorang atau
imam madzhab manapun.
Para ulama` fiqh sepakat bahwa ruang
lingkup talfiq ini terbatas pada pada masalah-masalah furu`iyah ijtihadiyah
dhonniyyah (cabang-cabang fikih ijtihadi yg masih perkiraan). Adapun pada
masalah ushuliyyah (pokok dasar agama) seperti masalah iman atau aqidah itu
bukanlah ruang lingkup talfiq.
Ulama berbeda pendapat untuk
menyikapi hukum talfiq, ada yang membolehkan, ada yang melarang, ada pula yang
membolehkan dengan beberapa persyaratan, sebagaimana telah dijelaskan dalam
uraian di atas. Larangan talfiq tidak bersifat absolut, kerena tidak ada
dalil yang shorih tentang pelarangan tersebut.
Tauqifi yang dimaksudkan dalam pembahasan
ushul fiqh adalah dinuqil dari syari’ ( allah ), artinya tidak boleh
seseorangpun membuat buat.
Taufiq adalah memindahkan atau
mengalihkan makna dari suatu dalil kepada makna yang lain, sehingga tidak
terdapat perlawanan atau pertentangan lagi.
No comments:
Post a Comment
ini komentar